24 January 2012

Panas

Apa ya nama tanggal hari ini bagi orang China, 2 Januari, 2 Muharram, atau 2 apa?

Sejak kecil kita yang non tionghoa sudah mencari apa sih Shio kita (biasanya berdasarkan tahun kelahiran). tapi kita tidak pernah tau bulan apa tahun baru china terjadi. selama ini kita mengucapkan selamat tahun baru 2012 pada 1 januari. atau mengucapkan selahat tahun baru islam 1 muharram. tapi apakah tahun baru cina jatuh pada tanggal "gong xi fat coi"?

duka atuh, teu apal dewek mah

Sejak kecil saya sudah terbiasa (ga mau kalo disebut percaya) bahwa setiap tahun baru china diikuti dengan guyuran hujan. Tapi ada yang berbeda tahun ini, di tahun yang katanya tahun naga air, justru hujan ga turun di sebagian cikarang dan sekitarnya. yang ada panas dan angin kencang.

apa berarti bagi mereka para tionghoa tahun ini akan menjadi tahun yang kurang berkah. sempat kemarin lihan prakiraan cuaca dunia, terlihat daratan china hampir bersih dari awan, tandanya pasti ga ada hujan di sana.

wallahu 'alam, bagiku, setiap tahun adalah pengharapan, berkah atau musibah tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. rekening tabungan tiba-tiba bertambah 250 milyar pun bukan berarti berkah, atau celana sobek sebelum pergi kerja juga bukan berarti musibah. jadi semua tergantung pada prasangka kita masing-masing.

panasnya imlek tahun ini di mataku adalah pulang pergi ke Subang ga kehujanan, ga perlu nyuci mobil, ga perlu nyalain AC, dan ga perlu ngelindes lubang di aspal yang tertutup air.

berkah atau tidaknya, ya.... tergantung dari cara pandang kita

No comments: