15 May 2014

Cara Mengcopy-Paste Teks dari Google Books, e-Book, File PDF yang diprotect, dan Tulisan Apapun yang ada di Layar Monitor Tanpa Perlu Install Aplikasi Tambahan

Eureka! setelah googling ke berbagai blog bahasa indonesia agar tahu bagaimana caranya mengcopy paste tulisan di Google Books, akhirnya dengan sedikit nekat berbekal pengetahuan bahasa inggris yang little-little sih I can, akhirnya dapat juga cara paling romantis untuk melakukan hal di atas.

Yang bisa dicopi bukan saja google books sebenarnya, tapi semua teks yang tampil di layar monitor anda, yang penting menggunakan font umum seperti arial, times roman, verdana, dll. kadang kita menemukan sebuah web yang oleh pemiliknya kita tidak diizinkan untuk memblok tulisan, bahkan klik kanan saja dilarang.

Langsung aja bagaimana caranya yaaaa......

Pertama, pastikan Microsoft Office anda ketika instal pertama dulu, menceklis semua aplikasi yang ada, artinya yang penting dan yang tidak penting anda instal semua, bukan cuma Word, Excel, dan Powerpoint saja, tapi juga termasuk Publisher, OneNote, Picture Manager, dll. (kalau belum, maka install ulang aja.)

Kedua, buka Aplikasi Ms Office OneNote anda
 , caranya sama seperti membuka Word, ada di atasnya Ms Word. Pilih yang New Page aja biar kosong melompong.

Ketiga, buka windows dari google books, situs,  file PDF yang terproteksi, atau hasil scan dan foto tulisan.  (Beberapa Kasus File PDF yang terkunci harus di Unlock dulu di situs www.pdfunlock.com) . pastikan letaknya ditampilkan semua dilayar, karena yang bisa dicopy hanya yang ada dilayar, tidak bisa discrol ke bawah/atas/kiri/kanan.

Keempat, kembali ke OneNote, lalu klik Icon "Clip" yang ada gambar camera nya. dia akan otomatis kembali ke halaman/ windows yang terakhir kita buka sebelum ke Onenote. tinggal di shoot, pilih paragraf atau baris seperti sedang crop / select gambar. Lalu Otomatis kembali ke OneNote setelah anda lepas klik mouse anda.

Kelima, klik kanan hasil crop/ select anda tadi, di mana saja, yang penting di atas hasil crop tadi. Lalu pilih yang "Copy Text From picture", mangga, silahkan paste di aplikasi yang anda inginkan.

Kelemahannya adalah bila file yang anda jadikan sumber adalah hasil scan/ foto, maka OneNote akan menginterpretasikannya mendekati hurup yang paling mirip. Misalkan huruf E kecil, kadang akan berubah menjadi C kecil, atau "ri" jadi "n". Mengeditnya kembali menjadi sebuah kewajiban.

Silahkan segera dilaksanakan, semoga membantu... Tapi jangan lupa, sertakan juga footnote dimana anda mengutipnya agar tidak dituduh flagiat.

16 comments:

Unknown said...

thank you

Unknown said...

It is so helpfull. Thanks

lulu fadilah said...

your welcome

lulu fadilah said...

alhamdulillah bila bermanfaat

Anonymous said...

nice..
thank's..

Unknown said...

thank you soo much

Unknown said...

Terima kasih sangat membantu sekali

Anonymous said...

Makasiii yaaa kakkk sangat membantuuuu

Unknown said...

Kak ebook di playstore bisa dicopy gak?

Imrahd said...

Thank you so much..

Anonymous said...

thank's

lulu fadilah said...

apapun yang muncul di layar monitor, selama font-nya dikenali komputer anda, insya allah bisa dicopy. jam dan tanggal di kanan bawah layar anda juga bisa di-copy koq

Fuad said...

Alhamdulillah..
Jazakumullah khoiron

Tyty said...

Klo dari hp blm bisa ya kaa

nurrahayudewicatur said...

bagus.. berhasill

lulu fadilah said...

dari HP malah gampang, pasang aja aplikasi, cari aplikasi copy text from image.