28 September 2007

SKRIPSI

ABSTRAK


Lulu Fadilah. 2007. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN ANAK DALAM MENYELESAIKAN PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KECAMATAN CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI. Pembimbing 1 : Prof. Dr. H. Syamsuri S.A. Pembimbing 2 : Dra. Neti Budiwati M. Si.,


Pendidikan merupakan prasyarat utama bagi seseorang dalam menghadapi persaingan bebas saat ini. Manusia yang mampu bersaing merupakan modal utama suatu bangsa untuk mampu bertahan dan mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa di dunia dalam era globalisasi. Untuk menyiapkan manusia yang berpendidikan tersebut, pemerintah menerapkan program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sebilan Tahun bagi anak-anak usia sekolah di seluruh Indonesia. Namun kenyataan di lapangan, masih banyak anak-anak yang putus sekolah sehingga tidak menuntaskan hak dan kewajibannya untuk menyelesaikan pendidikan dasar. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang dihadapi masyarakat sehingga banyak anak-anak mereka putus sekolah.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi untuk mengetahui pengaruh dari pendapatan keluarga, lokasi sekolah, budaya, dan harapan pekerjaan terhadap perubahan keberhasilan anak dalam menyelesaikan pendidikan dasar Sembilan Tahun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan survei verifikatif yaitu metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan mengunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data utama. Sedangkan dari sisi statistik digunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, terbukti secara parsial fakto pendapatan keluarga, lokasi, dan harapan pekerjaan tidak berpengaruh secara signifikan, hanya variabel budaya yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan menyelesaikan pendidikan dasar Sembilan Tahun di Kecamatan Cibarusah. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa budaya masyarakatlah yang menjadi alasan utama masih tingginya angka putus sekolah di kecamatan tersebut, sedangkan faktor ekonomi sudah dapat teratasi dengan program Bantuan Operasional Sekolah, lokasi sekolah sudah mudak dicapai oleh masyarakat, dan harapan mendapat pekerjaan bukan lagi tujuan utama untuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Selengkapnya (PDF 4shared) ....

Selengkapnya (ZIP 4shared) ....

Selengkapnya (PDF Ziddu) ....

Selengkapnya (ZIP Ziddu) ....

No comments: